Saturday, September 28, 2019

Tips Melindungi Diri Saat Di Serang Gas Air Mata

Apakah yang dimaksud dengan gas air mata?

Gas air mata kali di gunakan pada perang dunia pertama oleh negara Perancis dan Jerman sebagai senjata zat kimia.
Ada beberapa gas air mata yang saat ini umum di gunakan, baik di gunakan oleh aparat keamanan ataupun oleh individual/perorangan.
Antara lain :

1.CS = chlorobenzylidenemalononitrile. mulai di kembangkan sebagai senjata pembubar kerusuhan di tahun 1950-an ahir.

2.CN= chloroacetophenone , sering di perjual belikan sebagai mace.

3. Semprotan merica, terbuat dari bahan capsaicin yang di campur dengan menggunakan minyak jagung atau minyak sayur. Semprotan merica ini biasanya di gunakan sebagai pertahanan sendiri.


Cara melindungi diri dari paparan gas air mata

Jika anda akan terjebak di situasi yang rawan, gunakanlah kacamata pelindung.
Kacamata pelindung adalah perlindungan diri sendiri yang bisa anda miliki sendiri, anda bisa menggunakan kacamata yang biasa di pakai untuk renang jika kacamata pelindung khusus gas air mata tidak punya.

Anda juga bisa mencegah dari sesak nafas akibat dari menghirup gas, yaitu dengan cara merendam handuk kecil kedalam larutan jus lemon ataupun air cuka, dan simpanlah di kantong kresek .
Handuk yang sudah direndam itu bisa buat menutup hidung saat terjebak dalam situasi yang tidak memungkinkan.


Hal yang sebaiknya di lakukan apabila terkena gas air mata

Gas air mata di lemparkan dalam bentuk seperti granat atau dengan kaleng aerosol yang terpasangkan di ujung senapan gas dan di tembakkan menggunakan peluru yang kosong.
Campuran gas akan menyebar di udara, oleh sebab itu mungkin anda pernah mendengar suara tembakan yang kencang ketika peluru gas air mata di tembakkan.

Tindakan yang baik yaitu anda tetaplah tenang dan carilah udara yang segar, dongakkan kepala ke atas ketika anda mendengar tembakan. Dan sebaiknya hindarilah di jalur yang sama dengan granat.
Keluarlah dari kerumunan dan carilah tempat yang aman dengan sirkulasi udara yang segar, carilah tempat yang lebih tinggi.

Apabila sudah berada di luar jalur yang aman efek semburan gas airmata akan menghilang dalam waktu 10menit. Cucilah wajah dan muka dengan air bersih sampai gejala iritasi mereda.
Cara lain guyur seluruh badan dengan menggunakan susu. Susu bisa menetralisir efek dari gas air mata.

Apabila dengan menghirup gas air mata membuat anda kesulitan bernafas maka gunakanlah oksigen tambahan.

No comments:

Post a Comment