Saturday, September 28, 2019

Tips memperbanyak ASI pada ibu menyusui

Masalah yang paling sering dihadapi ibu yang sedang menyusui ialah kurangnya produksi ASI. Sayangnya ibu menyusui banyak yang tidak mengetahui banyak yang alami, tidak harus dengan cara buatan/kimia.

Berikut adalah cara memperbanyak ASI dengan cara alami:

1. Membersihkan puting susu dan melakukan pijatan

Pada trimester ke-3 mulailah membersihkan puting susu supaya ASI bisa keluar dengan lancar.
Caranya yaitu dengan baby oil sebelum mandi, lakukan hal tersebut beberapa hari sekali. Dan seringlah melakukan pijatan pada bagiyan payudara anda.

2. Menyusuilah setiap 2-3 jam

Bayi yang baru lahir setidaknya membutuhkan ASI setiap 2-3 jam sekali, siang ataupun malam hari.
Apabila ibu menyusui tidak konsisten memberikan ASI nya maka produksi air susu akan berkurang. Berikan ASI dari payudara satu dengan payudara lainnya.

3. Pompalah ASI

Memompa ASI merupakan salah satu cara untuk memperbanyak air susu ibu. Untuk ibu baru menyusui mungkin keterampilannya dalam menyusui belum cukup memadai.
Kesalahan dalam posisi menyusui bisa menyebabkan proses menyusui tidak efektif, sehingga ASI tidak bisa keluar dengan lancar.

4. Skin to skin contact

Adek bayi yang di susui dalam keadaan telanjang mendapatkan kontak langsung ke kulit dada sang ibu, hal tersebut dapat merangsang keluarnya ASI dalam ibu menyusui.

5. Kompres payudara 

Apabila payudara sang ibu terasa keras, adik bayi tidak bisa menghisapnya. Kompreslah terlebih dahulu dengan menggunakan handuk hangat beberapa menit, maka payudara akan menjadi lunak dan air susu pun bisa keluar dengan lancar.

6. Makanlah makanan yang dapat memperbanyak ASI

Beberapa makanan/buah buahan terbukti dapat memperbanyak ASI. Yang banyak di konsumsi oleh ibu menyusui adalah pepaya, daun katu, daun adas, wortel, bayam.

7. Pilihlah KB yang tepat untuk ibu menyusui

Pil kb adalah pilihan yang paling tepat untuk ibu yang sedang menyusui, karena pil tidak mempengaruhi hormon yang di perlukan untuk memproduksi ASI.

8. Minumlah air mineral/putih yang banyak

Minumlah air mineral sebanyak 10-12 gelas setiap harinya, karena tubuh ibu yang sedang menyusui membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI.

9. Cobalah posisi menyusui yang paling pas

Kebanyakan ibu yang menyusui sering merasakan sakit ketika sedang menyusui. Oleh karena itu mencobalah posisi yang paling pas untuk anda, bila posisi sudah benar maka seharusnya menysui tidaklah terasa sakit.

No comments:

Post a Comment